Monday 7 April 2014

[Review] Tenda Moonlight 1 By Merapi Mountain

Berawal dari pencarian tenda 1P yang memiliki harga murah saya mulai melakukan pencarian dari tahun lalu. Mulai dari brand outdoor lokal, brand outdoor luar ataupun membuat tenda dengan spefisikasi kita sendiri.

Beberapa waktu sebelumnya saya mengecek link page Merapi Mountain saya menemukan sebuah tenda baru yaitu Moonlight 1 saya mencoba menanyakan kapan ready stock di indonesia karena Merapi Mountain membuat tendanya di cina dan dikirim ke indonesia. Awal tahun kalau tidak salah barang sudah ready namun karena keungan belum mecukup saya baru bisa membelinya awal bulan kemarin.

Bentuk Tenda Moonlight 1

Spesifikasinya :
Flysheet: 190T polyester PU2000mm seam taped.
Inner tent material: 190T polyester breathable/mesh.
Mesh material: B3 no-see-um
Tent floor material: 190T polyester PU3000mm seam taped.
Footprint material: 190T polyester PU3000MM seam taped.
Poles: D7.9mm aluminium 7001 * 2 pcs
Peg: D6mm, 17.5mm aluminium pegs * 9 pcs.
Guyline: D3mm reflective menyala dalam gelap
Buckle: Duraflex buckle
Nett Weight: 1.8kg (without Footprint)
Footprint Weight: 0.15 kg
Packing size : 35 x 16 x 16 cm

Berikut coba saya berikan review menggunakan tenda tersebut :

Lokasi : Tegal Alun Gunung Papandayan
Kondisi : Hujan besar pada sore hari sekitar 4 jam (jam 1 s.d jam 5) dan gerimis setelahnya sampai pukul 7 malam

Hasil review akan saya sampaikan di akhir gambar :

Pemasangan tenda di Tegal Alun

Dokumentasi pada saat dan setelah hujan

Posisi depan tenda air mengalir

Air menggenang di atas tenda

setelah hujan

Setelah hujan

Posisi didalam tenda

Posisi saya berbaring didalam tenda

Jaring penempatan barang barang

Kondisi Pagi Hari

Kondensasi didalam flysheet

Kesimpulan review dari saya :
- Untuk harga yang relatif masuk dikantong dengan spesifikasi bahan yang mumpuni saya rasa cukup masuk akal
- Ukuran tenda memang benar cukup untuk 1 Orang, karena saya dengan tinggi 178 cm cukup nyaman berbaring dan guling kiri - kanan dalam tenda
- Penempatan barang dijaring cukup luas bisa menaruh banyak barang namun posisi penempatan yang cukup sempit atau kurang lega karena saya biasanya menaruh banyak barang yang agak besar didalam jaring tersebut
- Diluar tenda saya bisa menaruh alat masak, sepatu dan sendal dan ada space cukup luas untuk menaruh barang lainnya.
- Terjadi kondensasi pada waktu pagi hari, mungkin karena kondisi yang sangat lembab atau alasan lain saya kurang begitu mengerti.
- Ukurang packing yang kecil membuat saya merasa nyaman. Untuk info dengan menggunakan tas 33L milik saya semua peralatan naik gunung saya sudah masuk.
- Pagi hari Alas tenda terasa lembab dan sedikit berair di matras alumunium yang saya gunakan, mungkin karena sisa hujan kemarin. Karena ketika saya angkat ternyata ada genangan air di footprintnya.

Overall saya cukup puas, akan tetapi akan saya coba lagi untuk kondisi lainnya,

"by bringing myself over the edge and back, I discovered a passion to live my days fully, a conviction that will sustain me like sweet water on the periodically barren plain of our short lives~Jonathan Waterman"

Demikian catatan ini saya buat, semoga menjadi pilihan yang baik bagi anda dalam menentukan pilihan
:cheers:





4 comments:

  1. halooo...
    sebelumnya saya berterimakasih atas review nya yang cukup informatif.. :)
    saya ingin mencari tenda solo / single frame.. saat ini ada pilihan untuk membeli moonlight 1 ini juga..
    ada sedikit hal yang ingin saya tanyakan, yaitu adalah :

    1. dikatakan tenda comfort untuk 1 orang , berarti ada kemungkinan untuk di sisi 2 orang ya?
    2. benar begitu enteng kah tenda ini?
    3. berapa harga dulu beli di merapi mountain ?
    4. apa kekurangan tenda ini secara umum?

    mohon bantuan dan pengarahannya ya...
    trims

    ReplyDelete
  2. Keren review n fotonya. Sangat membantu.
    Omong-omong bukannya tidak boleh ngecamp di Tegal Alun ya? Anda memberikan contoh buruk dan stigma negatif pecinta alam yang merusak alam.

    ReplyDelete
  3. seingat saya tidak boleh camp di tegal alun

    ReplyDelete