Thursday 14 March 2013

Ultralight Hiking "KW SUPER"

nah loh ?
Kok Ultralight hiking ada KW SUPER nya segala ?

iya pembahasan yang udah dilakuin kemaren ternyata butuh budget yang lumayan banyak, jadi saya coba memberi cara lain agar barang bawaan kita simple dan terlihat sedikit (Membawa cariel kecil saja)

Sekedar share soal perjalanan saya kemarin ke Papandayan (Trip 2D1N) dengan membawa perbekalan secukupnya namun berguna.

Oke mari kita perhatikan dan jabarkan fungsi - fungsi peralatan dibawah ini :

 photo list_zps392e0fcb.jpg

Sudah terlihat jelas barang - barang diatas ada apa aja ?
Kalo belum kita simak list berikut dulu.
1. Tas Cariel Ukuran Sedang
2. Jaket
3. Pakaian Ganti
4. Sepatu
5. Shelter (Tempat Perlindungan/tenda)
6. Alat makan + masak
7. Sleeping bag *additional
8. Penerangan
List barang diatas memang belum lengkap semuanya dikarenakan masih ada beberapa hal yang kurang namun saya rasa hal tersebut cukup jika kita berjalan dalam formasi team bukan solo trip. Nanti akan saya bahas peralatan apa saja yang kurang jika kita ingin melakukan solo trip. :D

Digambar sudah saya beri nomor agar mudah menjelaskan fungsi setiap peralatan diatas.

No 1  adalah Tas/Cariel :

 photo IMG_0413copy_zps8a3491d1.jpg
Fungsi dari peralataan/tools ini adalah untuk membawa semua barang yang akan kita gunakan nantinya, bentuknya bervariasi dari berbagai merk. Namun sesuaikan saja dengan kebutuhan, biasanya tas ukuran sedang seperti ini hanya cocok untuk trip maksimal 4 hari 3 malam karena jika lebih dari itu dan formasi team kita hanya sedikit maka kita harus membawa tas yang memiliki daya tampung yang lebih besar.

No 2 adalah Jaket dan Pakaian ganti :

 photo IMG_0408_zps5e154d71.jpg
coba kita pilah satu persatu gambar diatas.
1. Jaket, kita membawa jaket dengan tujuan untuk menahan hawa dingin di ketinggian, karena kondisi suhu dan cuaca di ketinggian akan sangat berbeda sekali, untuk masalah ini tipe jaket sangat menentukan karena tidak semua jenis jaket memiliki fungsi yang sama, untuk memudahkan sebuah perjalanan dan bentuk packing yang ringkas usahakan cari jaket yang ketika dilipat, lipatannya kecil sehingga tas kita akan memiliki daya tampung yang lebih luas.

2. Sarung, selain berfungsi untuk ibadah sarung pun berguna untuk meminimalisir dingin di ketinggian, bisa menjadi tambahan jika jaket yang kita gunakan kurang begitu baik menahan dingin.

3. Pakaian ganti, tentu untuk baju ganti kita, karena kegiatan alam terbuka akan membuat baju yang kita gunakan kotor sehingga kita harus menggantinya, selain itu kita akan terlihat lebih ganteng kalau pakai baju bersih/rapi walau kita belum mandi :p

No 3 adalah Sepatu
Sepatu gunung merupakan pilihan utama dalam sebuah pendakian, untuk pendakian kali ini saya menggunakan sepatu bertipe low atau sebatas mata kaki dengan grip yang lumayan baik. Dan pilih kaus kaki yang agak tebal agar mengurangi gesekan antara sepatu dengan kaki yang dapat menyebabkan lecet. Kaus kaki tebal pun akan sangat bermanfaat dalam mengurangi kedinginan di malam hari.

Keterangan : jika sudah terbiasa mendaki menggunakan sandal silahkan saja, namun dengan menggunakan sepatu dapat meningkatkan perlindungan terhadap kaki kita.

No 4 Tempat Perlindungan/shelter/tenda
Tempat berlindung diusahakan memiliki beban seringan mungkin sehingga dapat di pack seringkas mungkin sehingga dapat cukup masuk ke dalam tas/cariel.

Keterangan :
- Pack Oranye adalah fysheet tenda yang berguna untuk perlindungan terhadap hujan/panas matahari.
- Pack Abu adalah Body tenda sebagai tempat perlindungan utama, pack abu lainnya adalah fram tenda dan pasaknya
- Pack Hitam adalah sleeping bag, digunakan untuk tidur sehingga bermanfaat untuk mengurangi rasa dingin di daerah pegunungan.

Tambahan :
Tenda untuk UL sebaiknya memiliki bobot yang ringan dibawah 2 Kg, saya menggunakan tenda lafuma campo 2 yang memiliki berat lebih dari 3 Kg namun packing tenda dapat saya buat seringkat mungkin sehingga dapat masuk ke dalam tas/cariel.

No 5 Alat Masak
Alat masak, tentunya rekan sekalian sudah tahu fungsi dari sebuah alat masak di pegunungan. Kebutuhan alat masak ini tergantung kebutuhan si pengguna, untuk saya alat masak ini saya rasa cukup karena alat masak ini include 2 unit panci, 1 unit ketel, 1 unit teapot, dan kompor + dudukannya *kalau salah maafkan hhe

Saya menggunakan trangia dalam penggunaan alat masak. Lengkapnya soal trangia dapat dibaca disini : Trangia adalah......
Botol merah disebelahnya adalah tempat untuk menaruh spiritus. Ya, trangia adalah jenis kompor yang menggunakan spiritus. Penggunaan alat masak pun seharusnya disesuaikan dengan kondisi tempat yang akan kita datangi.
Alat lainnya dapat disesuaikan seperti botol minum, sendok, garpu ataupun pisau.

No 6 Penerangan
Penerangan digunakan untuk menerangi perjalanan kita, apabila melakukan perjalanan malam dan menerangi kita disekitar tempat kita berkemah.

Demikian penjelasan tentang Ultralight Hiking "KW" dari saya.
Kurang lebihnya saya minta maaf, karena saya pun masih pemula dalam hal mendaki gunung dan menikmati alam ini :)

1 comment:

  1. mantaap gan penjelasannya. nunggu lanjutannya ahh

    salam lestari !!
    http://djhanu-jalan2.blogspot.com/

    ReplyDelete